Menu Tutup

Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia ASC

PROFIL PSDM ASC
 ARAHAN KERJA

  1. Fungsi kaderisasi meliputi rekrutmen, pembinaan, dan penjagaan.
  2. Fungsi pendataan kader.
  3. Koordinasi alur kaderisasi.
  4. Mengkaji dan membuat Standar Mutu Anggota.
  5. Memantau, mencatat, dan mengevaluasi capaian kader secara komprehensif menurut Standar Mutu Kader ASC yang disesuaikan dengan Grand Theme ASC.
  6. Memberikan apresiasi (reward) terhadap anggota ASC.
  7. Mengoptimalkan pendampingan kader melalui laporan dari Staff Ahli PSDM.
  8. Membuat konsep berbagai kegiatan dalam rangka menjalankan fungsi kaderisasi.
  9. Mengevaluasi standar keberhasilan kegiatan dalam jangka waktu tertentu.
  10. Mempresentasikan hasil pengolahan data (SMK ASC, prestasi, dan kompetensi kader) di tengah dan akhir kepengurusan.

PROGRAM KERJA PSDM

1.Standar Mutu Anggota (SMA)

Standar mutu anggota dibuat searah dengan grand theme “ASC PRESTATIF”. SMA berisi hal-hal yang menjadi kemampuan dan harapan untuk dimiliki oleh anggota ASC.

2. Member card

Pembuatan kartu anggota dengan melakukan pendataan secara online lalu pengumpulan foto. Syarat untuk mendapatkan member card adalah telah mengikuti Science Camp 1 atau telah mengerjakan tugas pengganti jika berhalangan  hadir.

3.Monitoring card

Monitoring card berisi pertanyaan-pertanyaan evaluatif yang berlandaskan pada Standar Mutu Anggota untuk melihat perkembangan departemen dan anggota departemen, serta membantu menentukan departemen terbaik dan anggota terbaik dalam rangka ASC Award

4.Forum Keluarga (Forga)

Kegiatan berkumpul bersama (makan bersama atau berwisata bersama) dengan seluruh anggota ASC. Forga I sudah terlaksana pada Sabtu, 19 Maret 2016, dengan acara asik-asik lotisan bareng di depan Auditorium Kamarinjani-Soenjoto. Forga I sebagai ajang perkenalan masing-masing anggota dari kelima departemen dan penyampaian harapan bagi ASC yang lebih baik.

5.Forum Grup Discussion (FGD)

Menumbuhkan semangat diskusi, menulis, dan berbagi pengetahuan untuk dapat memunculkan ide atau inovasi yang dapat dirancang untuk perlombaan (LKTI, PKM, Bussiness Plan, dsb). FGD akan dibuat kelompok-kelompok kecil dengan mengundang seorang ahli untuk bersama-sama berdiskusi mengenai isu terkini di bidang teknologi pertanian.

6.Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB)

Mempromosikan lembaga ASC sebagai lembaga keilmuan kepada mahasiswa baru melalui pendirian stand sampai pembagian pamphlet mengenai selayang pandang ASC.

7.Open recruitment

Kegiatan pendaftaran bagi mahasiswa baru untuk menjadi anggota baru ASC.

8.Science Camp 1 dan 2

Kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai KPK (kompeten, profesional, dan kontributif) dalam diri kader baru ASC serta nilai-nilai kebersamaan dalam kelompok dan seluruh anggota ASC serta menjadi syarat untuk mendapatkan member card.

9.Kuisioner

Mengevaluasi anggota ASC dari segi kompetensi dan prestasi yang dicapai serta kinerja dan kepengurusan ASC 2016 pada saat tengah tahun dan akhir tahun.

 

STAFF AHLI PSDM

Terdiri atas lima orang staff ahli yang berkompeten dari berbagai jurusan dan dikepalai oleh Brigita Riesty Anggraini (TPHP 2014). Staff ahli PSDM akan membawahi masing-masing departemen sesuai dengan minat dan kemampuannya. Staff ahli PSDM adalah sebagai berikut.

  1. Asyifa Nora Eni (TIP 2014) – PPI
  2. Hani Nur Rohma (TPHP 2014) – PB
  3. Yunani (TPHP 2014) – PW
  4. Nurvita Puspita (TEP 2014) – Kominfo
  5. Akhmad Farisinzal (TIP 2014) – JK

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.