Menu Tutup

Tumbuhan Pegagan (Centela asiatica L. Urban) Untuk Meningkatkan Kinerja Otak.

Apa yang ada pada benakmu ketika mendengar kata pegagan? Hah pegangan? Eits bukan pegangan tangan loh tapi pe-ga-gan. Nah yang dimaksud pegagan dalam artikel kali ini adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di pekarangan, ladang, pinggir jalan, bahkan pematang sawah. Konon tanaman ini dipercaya memiliki kandungan Brahminoside yang dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak. Penasarankan kenapa dapat demikian? Yuk dikulik.

Pegagan (Centela asiatica L. Urban) merupakan salah satu tanaman tradisional yang sering dipakai lalapan bagi orang-orang di Indonesia, bukan hanya itu bahkan bisa dijadikan salad. Setiap daerah di Indonesia memiliki namanya masing-masing seperti pane gowang (jawa), piduh (bali), dulang sontak (sunda). Tumbuhan Pegagan di lereng pegunungan Menoreh (Kulonprogo, DIY), penduduk setempat mengolah Pegagan sebagai bahan baku minuman ‘teh pegagan’ yang dikenal dengan nama Teh Antana. Tanaman tradisional ini pun ternyata banyak juga digunakan sebagai obat.

pegagan
Gambar 1. Pegagan ( Centela asiatica L. Urban ) Sumber: pegagan.org

Tumbuhan Pegagan memiliki klasifikasi ilmiah yaitu:

Kingdom : Plantae

Division : Tracheophyta

Sub Division : Spermatophyta

Class   : Magnoliopsida

Order  : Apiales

Family   : Apiaceae

Genus  : Centella

Spesies  : Centella asiatica (L.) Urban.

Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban.) merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh di daerah tropis dan berbunga sepanjang tahun. Bentuk daunnya bulat seperti ginjal manusia, batangnya lunak dan beruas, serta menjalar hingga mencapai satu meter. Pada tiap ruas tumbuh akar dan daun dengan tangkai daun panjang sekitar 5– 15 cm dan akar berwarna putih, dengan rimpang pendek dan stolon yang merayap dengan panjang 10–80 cm (Van Steenis, 2006). Tinggi tanaman berkisar antara 5,39–13,3 cm, dengan jumlah daun berkisar antara 5–8,7 untuk tanaman induk dan 2–5 daun pada anakannya (Bermawie et.al., 2008).

Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban.) merupakan tanaman obat yang dapat dikonsumsi sebagai sayuran. Tanaman obat ini mudah untuk dibudidayakan dan diperbanyak secara vegetatif. Tanaman pegagan di habitat aslinya banyak tumbuh di ladang, perkebunan, tepi jalan maupun di pekarangan. Tanaman yang berasal dari Asia tropik ini menyukai tanah yang agak lembab, cukup sinar atau agak terlindung. Pegagan mempunyai kisaran agroekologi yang luas dari dataran rendah hingga dataran tinggi sampai dengan ketinggian 2500 m dpl (Rohmawati, 2015).

jelly-uny
Gambar 2. Produk Jelly Pegagan. Sumber: uny.ac.id

Seperti ginkgo biloba, manfaat daun pegagan berguna untuk meningkatkan memori, kesehatan dan  kecerdasan otak. Pegaganberasal dari daerah tropis yang saat ini menjadi gulma di lingkungan. Pegagan dapat tumbuh di daerah kering dan cerah ke tempat-tempat lembab dan teduh. Daun hijau muda dengan tepi bergigi. Mungkin tidak pernah melihat bunga pegagan, karena bunga mereka kecil dan tidak mencolok. Manfaat daun pegagan dapat digunakan sebagai teh, sirup atau kapsul, yang tersedia di toko makanan kesehatan. Meskipun ramuan ini digunakan untuk berbagai tujuan bervariasi di seluruh dunia, yang utama dan yang paling umum adalah untuk membantu daya ingat (Suparyo, 2014). Kandungan kimia pegagan antara lain asiaticoside, asiatic acids, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti K, Na, Mg, Fe (Wijayakusuma et al., 1994; Lasmadiwati et al., 2004), minyak atsiri (1%), pektin (17.25%) dan vitamin B (Santa dan Bambang, 1992).

Pegagan dapat meningkatkan fungsi kognitif dan oksidatif stress yang diinduksi dengan streptozotocin secara intracerebroventricular (i.c.v) pada tikus dengan penyakit Alzheimer. Fungsi kognitif adalah kemampuan berpikir dan memberikan rasional, termasuk proses belajar, menilai, orientasi, persepsi dan memperhatikan. Banyak peneliti yang  menyatakan bahwa pegagan dapat meningkatkan fungsi kognitif, salah satunya adalah penelitian (Gupta dan Khumar, 2003) yang menyatakan bahwa ekstrak cair pegagan dapat meningkatkan fungsi kognitif yang berada pada dosis 200 mg/kg BB dan 300 mg/kg BB. Fungsi kognitif yang dimaksud adalah untuk meningkatkan daya ingat. Adanya kandungan Brahminoside pada daun pegagan dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.

 Brahminoside adalah senyawa yang memiliki protein penting bagi sel otak. Protein merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk membentuk jaringan otot. Jika jaringan terbentuk secara  baik maka sel satu dengan sel lainnya akan bekerja dengan baik pula. Hal ini akan menyebabkan otk berfungsi lebih baik dari biasanya. Senyawa Brahminoside juga dapat memberikan efek relaksasi dan mengatasi kelelahan. Jika tubuh mengalami kelelahan maka otak tidak dapat bekerja secara efektif. Oleh karena itu, kandungan Brahminoside sangat berperan dalam proses peningkatan kerja otak (Iraa, 2015).

Dalam penelitian oleh Rao et al (2005) dalam jurnal Sains, Teknologi, dan Kesehatan oleh Marliani (2011) yang membuktikan bahwa penambahan ekstrak pegangan memberikan pengaruh positif pada otak tikus. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa aggresivitas dan kemampuan motorik tikus tersebut meningkat secara signifikan di dalam labirin. Efek positif pada fungsi kognitif otak dimungkinkan terjadi karena pengaruhnya terhadap sistem kolinergik dan juga mempengaruhi morfologi saraf. Mekanisme yang sesungguhnya masih belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan hal ini disebabkan karena adanya stimulasi aktivitas neurosekretori dari saraf kolinergik.

Beberapa studi telah menemukan bahwa tanaman ini memiliki sifat ringan untuk mengurangi kecemasan dan stres (karena mekanisme kolinergik) yang dapat meningkatkan fungsi kognitif. Selain di atas, pegagan dapat membantu meningkatkan sirkulasi ke otak dan melindunginya dari kerusakan akibat oksidasi akibat penuaan. Akan tetapi, pegagan tidak boleh dikonsumsi lebih dari 6 minggu. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping, seperti: gangguan fungsi hati dan efek samping berupa sakit perut, mual, gatal-gatal, dan kantuk. Maka, jika ingin mengkonsumsi pegagan di anjurkan mengkonsumsi dengan tidak berlebihan.

 

Daftar Pustaka

Bermawie Nurliani, dkk. Keragaman Sifat Morfologi Hasil dan Mutu Plasma Nutfah Pegagan (Centella asiatica

(L.) Urban). Bul. Littro. Volume XIX Nomor 1 Tahun 2013.

Gupta, Y. K., and Kumar, M. H.V. 2003. Effect of Centella asiatica on Cognition and Oxidative Stress in an Intracerebroventricular Streptozotocin Model of Alzheimer’s Disease in Rats. ClinExp. Pharmacol. Physiol 30:336-342.

Iraa, S. 2015. Artikel Tanaman Pegangan. https://www.academia.edu/8677876/Bathsul_ilmi-BAB_IPRINTULANG. Diakses pada tanggal 5 April 2017 pukul 22.00 WIB.

Marliani, L., Nawawi, A., Faizal, F. 2011. Pemanfaat Ekstrak Pegagan Sebagai Minuman Kesehatan Dalam Bentuk Jelly. Jurnal Sain, Teknologi, dan Kesehatan. ISSN: 2089-3582. Bandung.

Rao, Sulochana, B., Chetana, M., Devi, P., Uma. 2005. Cantella asiatica treatment during postnatal period enchances learning and memory in mice. Phsiology and Behavior.

Rohmawati, M. 2015. Karakterisasi Morfologi dan Aanatomi Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban.) di Kabupaten Batang Sebagai  Sumber Belajar Pada Mata Kuliah Praktikum Morfologi dan Aanatomi Tumbuhan. Dalam skripsi Mukti Rohmawati, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Santa, I. G. P., P. E. W. Bambang. 1992. Studi taksonomi Centella asiatica (L.). Urban. Warta Tumbuhan Obat Indonesia 1 (2) : 46-48.

Suparyo. 2014. Manfaat daun pegagan untuk meningkatkan kecerdasan otak. http://daunbuah.com/manfaat-daun-pegagan-untuk-meningkatkan-kecerdasan-otak/. Diakses pada tanggal 5 April 2017 pukul 21.48 WIB.

Van Steenis C, G, G, J. 2006. Flora. PT Pradnya paramita. Jakarta.

Wijayakusuma, H., A. S. Wirian, Yaputra T, Dalimartha S, Wibowo B. 1994. Tanaman Berkhasiat Obat di Indonesia. Jilid 1. Pustaka Kartini. Jakarta.

 

BY: DEPARTEMEN JARINGAN DAN KOMUNIKASI (JK)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.